Install cPanel di Server

on Selasa, 12 Maret 2013
Untuk memudahkan kita dalam mengelola sebuah server banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita, dan yang paling banyak digunakan adalah cPanel. cPanel sendiri adalah sebuah paket software yang sudah komplit didalamnya untuk bisa mengelola web host. Didalamnya sudah terdapat web server, database server, dns server, mail server, ftp server dan lainya . sehingga kita tidak usah menginstall satu persatu lagi aplikasi pada server kita seperti apache untuk webserver, mysql untuk database dan seterusnya.

Untuk dapat mengistallkan cPanel di server kita biasanya menggunakan distro linux centOS. karena tidak semua linux bisa support dengan cPanel contohnya : Debian, Ubuntu, Opensuse. dan lainya karena adanya perbadaan format file yang dibaca atau dieksekusi oleh cPanel tersebut. Selain itu juga cPanel memerlukan lecensi (tidak geratis) untuk tiap servernya. kita bisa mendapatkan / membeli licensi kepada website resminya langsung https://cpanel.net/.

Selanjutnya untuk spesifikasi minimal server yang akan diinstallkan cPanel adalah :

CPU  P266, Memory/RAM 256 MB, dan 20 GB space untuk hardisk karena Instalasi cPanel akan menghabiskan 500MB space harddisk server kita. Pada saat akan melakukan instalasi cPanel pastikan koneksi Internet server kita harus stabil dan menggunakan server baru dalam arti belum terdapat konfiguarasi dan tidak ada satupun user didalamnya.

Langkah Instalasi cPanel sangatlah mudah , silakan masuk kedalam server kita sebagai root 
Masukan perintah :
# cd /home
(Masuk terlebih dahulu ke Directory Home)

# wget http://layer1.cpanel.net/latest
# sh latest

Setelah itu silakan untuk menunggu kurang lebih 30-60 menit proses instalasi tergantung dari koneksi internet kita. sekali lagi pastikan koneksi internet kita dalam keadaan stabil karena jika tidak dan berakibat cPanel tidak terinstall sempurna, kita harus mempartisi ulang harddisk, menginstall ulang server kita dan juga cPanelnya.

Sekian semoga bermanfaat ^_^